You are currently browsing the category archive for the ‘iseng’ category.

Kemarin saya bayar pajak mobil untuk tahun ke-3 di Samsat Rancaekek, Bandung (*karena KTP saya kabupaten Bandung*).  Untuk pengingat saya tahun depan, akan saya coba tuliskan apa yang harus dilakukan :

1. Persiapkan dokumen yang diperlukan. KTP dan copy-nya, STNK dan copy-nya. Copy STNK dan Copy KTP disatuin aja jadi 1 halaman, trus steples aslinya ke lembar copynya. untuk KTP kan ga boleh di steples tuh, jadi masukin aja ke plastik STNK nah plastiknya yang di-steples ke lembar copy-an. Seluruh dokumen ini simpan didalam Map kertas. Copy BPKB dan surat keterangan BPKB sedang dijaminkan tidak diperlukan, informasi ini saya dapet dari petugas pemeriksa kelengkapan dokumen  (padahal udah disiapkan jauh hari).

2. Serahkan map beserta isinya ke meja “Formulir”. Bapak-bapak yang jaga disini akan ngecek dan ngisiin SPPKB Pengesahan. Ada bagian yang disobek diserahkan ke kita (*Simpan baik-baik*), dan sebagian lagi digabungkan didalam map. Map kemudian dikembalikan lagi ke kita.

3. Serahkan map beserta isinya ke meja “Progresif” (*SPPKB Pengesahan bagian kita jangan ikut diserahkan*). Bapak-bapak yang jaga disini akan cek dan ng-input sesuatu kedalam aplikasinya. kemudian kita disuruh nunggu untuk dipanggil oleh loket “Pembayaran”

4. Saya nunggu ga terlalu lama juga. Mungkin karena saya dateng masih pagi, jam 7.40an. kira-kira jam 8 saya dipanggil oleh bapak-bapak di loket pembayaran. Padahal seinget saya orang-orang yang lagi nunggu dari sebelum saya ada lumayan banyak juga.

5. Setelah nama kita dipanggil, datangi “Loket Pembayaran”. Bapak-bapak disitu akan ngasih kita nota carbonan warna merah : “Nota Perhitungaan Pajak Kendaraan Bermotor (NPPKB) dan menyebutkan nominal pajak yang harus kita bayar. Saya bayar +/- 2Juta195ribu untuk pajak mobil dan PMI. Ga jauh beda dari pajak tahun lalu :(.

6. Beres bayar kemudian disuruh nunggu lagi. NPPKB dipegang dulu, untuk nanti ditukarkan dengan STNK di loket “Penyerahan STNK”

7. Nama kita dipanggil lagi, sekarang giliran loket “Penyerahan STNK” yang manggil-manggil (Jangan jauh-jauh deh duduknya, soalnya masing-masing loket teriak nama untuk manggilnya). Bapak-bapak di loket ini akan menyerahkan STNK dan KTP kita (*masih terbungkus*). Cek bener ga itu KTPnya dan STNK telah dicap (*ini tahun ke3 jadi 2cap*), tanggal masa berlaku sampai tahun depan dan STNK atas nama kita. Jika benar, maka ucapkan Terima Kasih trus pulang deh.

O iya, Poin 1 s.d. 7 selesai dalam waktu +/- setengah Jam. Trus saya sempet nanya-nanya ke bapak-bapak yang jaga di poin 1 : jika masa berlaku STNK habis tanggal 1 oktober kemudian kita bayar tanggal 1 oktober, maka kita akan kena denda sebesar 2% dari …… (*lupa*). Trus kita bisa mulai bayar minimal 3 minggu sebelum tanggal habis masa berlaku

Saya liat di pengumuman-pengumuman, informasi bisa kita dapatkan dari website http://www.dispenda.jabarprov.go.id. Di situs tersebut ada menu : Program Unggulan “Samsat Online 3 Provinsi” (Banten, Jabar dan DKI). Hanya saja saya agak khawatir klo harus online (*mendingan manual aja deh :p *)

***hhmmm.. brarti pengalaman klaim asuransi juga harus ditulis nih biar ga lupa juga ntar taun depan***

Advertisements

Banyak metode yang dapat digunakan untuk mengambil source code dari AS/400 ke PC. Saya lebih sering menggunakan FTP, karena lebih mudah dapat dibaca di PC berupa text file. Kali ini akan saya coba ulas sedikit cara mengambil source code dari AS/400 ke PC (Os. Windows).

Asumsi bahwa source code yang akan diambil berada di :

AS/400 dengan IP : 10.10.1.10
Library : Eden
Source File : QRPGLESRC
Member : TST1R

Cara simple untuk mengambil code tersebut adalah menggunakan commad prompt yang tersedia di Windows. Berikut langkah-langkahnya

1. Nyalakan aplikasi command prompt. Secara default apliasi ini ada di “Program Files” -> “Accesories” -> “Command Prompt”. Tips : tekan Win+R, kemudian ketikan “cmd” (tanpa tanda kutip) dan Enter.

2. Tuju ke folder yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan source code yang akan diambil. Misalkan saya akan menyimpan di Drive D, maka commandnya adalah “D:”.

3. Akses server AS/400 menggunakan FTP. Ketikan command FTP ip-Address, dalam hal ini : “FTP 10.10.1.10” (tanpa tanda kutip). Kemudian Log-in.

4. Set library source code sebagai current library. Gunakan command “CD nama-library”, dalam hal ini : “CD Eden” (tanpa tanda kutip).

6. Ambil source code. Gunakan command “Get nama-source-file.nama-member”, dalam hal ini : “Get QRPGLESRC.TST1R” (tanpa tanda kutip).

7. Maka source code akan ada di dirve D dengan nama file : Qrpglesrc.Tst1R. Source code ini berupa text file, bisa dibuka di notepad atau text editor lainnya.

8. Untuk keluar dari FTP dan Command Prompt, ketikan command bye – enter – exit – enter.

Kurang lebih jika step-step ini dijalankan yang muncul di layar command prompt akan seperti ini :

Microsoft Windows XP [Version 5.1.2600]
(C) Copyright 1985-2001 Microsoft Corp.
C:\Documents and Settings>d:
D:\>FTP 10.10.1.10
Connected to 10.10.1.10.
220-QTCP at AS400.
220 Connection will close if idle more than 5 minutes.
User (10.10.1.10:(none)): eden
331 Enter password.
Password:
230 EDEN logged on.
ftp> cd eden
250 "EDEN" is current library.
ftp> get qrpglesrc.tst1r
200 PORT subcommand request successful.
150 Retrieving member TST1R in file QRPGLESRC in library EDEN.
250 File transfer completed successfully.
ftp: 633 bytes received in 0.09Seconds 6.73Kbytes/sec.
ftp> bye
221 QUIT subcommand received.
D:\> exit

Untuk selanjutnya, dengan beberapa modifikasi, cara ini saya gunakan sebagai salah satu cara dalam mem-backup source code AS/400.

kata
selalu berputar dalam benak
ucap tak pernah berani bertutur

kata
selalu kalah oleh ego
sikap hanya terjadi dalam angan

ah…,

klo RPGLE pake %trim, CL pake *TCAT.

exp :

CHGVAR     VAR(&LINK) VALUE('/' *TCAT &HOME *TCAT '/' *TCAT &FOLDER *TCAT '/' *CAT &ALL)

Awalnya cuma buat adik aja.

Kemudian berkembang, saya share buat anak-anak PAMAUNG… lebih banyak di share mungkin akan lebih bermanfaat.

Akhirnya saya post di disini juga, memungkinkan lebih banyak lagi yang bisa pakai.

Apa isi file ini ?

Tabel-tabel untuk melihat gambaran nilai mata kuliah dan pengaruhnya terhadap IP/IPK.

Bagaimana cara menggunakannya ?

Isi beberapa field yang perlu diisi dalam tabel tersebut, kemudian IP/IPK akan terhitung dengan sendirinya.

Tabel Rekapitulasi memberikan gambaran secara umum dari IP/IPK.

Apa yang perlu diisi ?

Identitas diri (optional) dibagian paling atas.

Nama mata kuliah, sks dari mata kuliah tersebut, dan nilai mutu (A,B,C,D,E,F) dari mata kuliah tersebut.

Mata kuliah tertentu masih saya ambil di semester ini, boleh saya langsung isi nama mata kuliahnya dan nilainya ?

Silahkan, ini salah satu manfaat yang ingin diambil dari file ini.

Isikan TARGET nilai mata kuliah-mata kuliah yang diambil semester ini, kmudian kamu akan tahu berapa kira-kira IP kamu smester ini dengan nilai tersebut. Dan berapa IPK kamu pada akhirnya nanti. Nilai IP/IPK akan berubah dengan sendirinya begitu kamu menuliskan Nilai Mata Kuliah tersebut.

Jangan lupa jumlah sks-nya isikan juga.

Boleh saya share file ini ke teman-teman lainnya ?

Silahkan, dengan senang hati. Saya akan merasa senang jika ini dapat berguna dan bermanfaat.

Boleh saya utak-atik function atau isi dari file ini?

Silahkan, namun tanggung jawab juga yah 🙂

Jika ada koreksi dari isi file ini mohon dibahas juga disini, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Apakah ini “tested” ?

yup, ketika kuliah saya melakukan hal ini.

 

Download Me : IPK calculation.xls

Tergiur liat LinkedIn nya si bos, akhirnya ikutan bikin juga deh. Tapi masih bingung bikin resume nya.. hahahahaha… :p

My Profesional Profile at LinkedIn 😉

“Cukup ?”
“Belum, tambah !”

“Cukup ?”
“Belum, tambah lagi !”

“Cukup ?”
“Lagi !”

“Cukup ?”
……. (tak menjawab)

“Cukup ?”
…… (Duuuuaarrrrr !!!)

Ini pesanan dari Adi, saya coba jelaskan sesimpel mungkin untuk ganti-ganti tampilan di wordpress…

Susah ngejelasinya pake tulisan… dibikin gambar ajah 😉

The Way to Change

*klik di gambar untuk memperbesar gambar

Error/Message CPF4131 adalah Runtime Error. Hal ini biasanya terjadi karena Program RPG dan FILE tidak sinkron. Skenario kasus yang biasanya menyebabkan CPF4131 :

1. RPG A di-compile dengan kondisi FILE 1 (PF/LF).

2. Ada perubahan struktur di File 1 tersebut, lalu di-compile.

3. RPG A yang menggunakan File 1 tidak di-compile ulang.

4. Run RPG A, maka MSGW CPF4131

Pertanyaannya : “Bagaimana bisa tahu atau memastikan bahwa RPG A sudah benar menggunakan File 1 ?

Jawab : Menggunakan command DSPPGMREF dan DSPFD

Penjelasan :

Isi dari Error CPF4131 adalah sebagai berikut :

Message ID . . . . . . . . . :   CPF4131
Message file . . . . . . . . :   QCPFMSG
Library  . . . . . . . . . . :     QSYS


Message . . . . :   Level check on file &2 in library &3 with member &4.
Cause . . . . . :   The file requested to be opened is file &1.  The file
actually opened is file &2 in library &3.  For the file actually opened, the
record format level identifiers supplied by the program does not match the
file actually opened.
Recovery  . . . :   Do one of the following, then try the request again:
-- Compile the program again.
-- Specify the *NO value for the LVLCHK parameter as an override using the
appropriate OVRDBF, OVRDSPF, OVRICFF, or OVRPRTF command.

Perhatikan yang di cetak tebal. Dikatakan bahwa : “Record Format Level Indentifier does not match”.

1. Cara untuk mengetahui untuk mengetahui Record Format Level Identifier pada File adalah dengan menggunakan command DSPFD <nama file>. Contoh, berikut adalah bagian informasi menggunakan DSPFD dari File T1MSTRKO :

Record  Format Level
Format       Fields   Length  Identifier
T1MSTRKR        108     1083  37DC85F1F3062

Diketahui bahwa Identifier dari T1MSTRKO adalah 37DC85F1F3062. Nilai ini tentunya berbeda-beda pada setiap file.

2. Cara untuk mengetahui Record Format Level Identifier dari setiap File yang digunakan pada program RPG adalah dengan menggunakan command DSPPGMREF <nama program>. Contoh, berikut adalah bagian informasi  menggunakan DSPPGMREF dari Program DISMVALR (Program ini menggunakan File T1MSTRKO) :

Object  . . . . . . . . . . . . . . . . . :     T1MSTRKO
Library . . . . . . . . . . . . . . . . . :       JF-(sensor :p)-D
Object type . . . . . . . . . . . . . . . :       *FILE
File name in program  . . . . . . . . . . :       T1MSTRKO
File usage  . . . . . . . . . . . . . . . :       Input
Output
Update
Number of record formats  . . . . . . . . :           1
Record Format      Format Level Identifier Field Count
T1MSTRKR              37DC85F1F3062 108

Terlihat bahwa Identifier dari T1MSTRKO yang digunakan adalah 37DC85F1F3062. Dan ini sama dengan File Identifier pada T1MSTRKO, sehingga ketika DISMVALR di-run tidak akan memunculkan message CPF4131 untuk file T1MSTRKO. Jika Berbeda ?

Sangat menarik untuk mengetahui squad PERSIB untuk musim depan (2010-2011). Mengingat PERSIB sudah menjadi klub profesional (sudah berbentuk PT, yaitu PT. PBB) yang sungguh mapan, lepas dari bantuan APBD. PERSIB ditopang oleh “konsorsium” sebagai penyandang dana dan pelaksana bisnis PERSIB. Komisaris utama dipegang oleh Pak Zainuri Hasyim.

Management PERSIB pun sungguh sangat HEBAT. Management PERSIB dipimpin oleh Pak H. Umuh Muchtar. Saya pribadi sangat menaruh hormat kepada beliau atas kegigihan dan kecintaannya mempertahankan PERSIB. Musim lalu PERSIB lagi-lagi tidak mendapatkan gelar, baik itu dalam LIGA ataupun COPA. Prestasi terbaiknya adalah Gonzales sebagai Top Scorer COPA, PERSIB U-21 sebagai JUARA LIGA U-21, dan Munadi sebagai Pemain Terbaik U-21.

Musim ini diawali dengan Perekrutan Pelatih Asing, Daniel Darko Janackovic. Roby Darwis kembali menjadi Asisten Pelatih (Roby Darwis menggantikan Jaya Hartono sebagai Pelatih di musim lalu).  Pelatih Kiper tetap oleh Anwar Sanusi dan Dokter Tim oleh dr Raffi Ghani.

Isu diposisi Pelatih adalah PERSIB sedang mencari Pelatih Fisik yang bertaraf Nasional, nama yang muncul adalah Satria Bagja. Dengan demikian Yusuf Bachtiar (Asisten Pelatih) dan Entang Hermanu (Pelatih Fisik) kemungkinan tidak lagi masuk dalam jajaran kepelatihan PERSIB. Tambahan yang sedang dicari juga adalah Penterjemah. Kabarnya Darko sedang menanti Sudah datang dan sudah ikut melatih, assisten pelatih yang telah bekerja sama dengannya selama 4 tahun terakhir ini, Jovo Cuckovic. dalam latiha fisik tanggal 5 agustus ternyata ada pelatih baru lagi. beliau adalah dr Phaidon L Toruan MM, calon pelatih fisik ‎dan ahli nutrisi PERSIB.

Kiper : Markus Horison dan Cecep Supriatna Dipertahankan

Isu diposisi Kiper adalah posisi kiper ketiga klo tidak salah akan tetap menggunakan jasa Dedi Heryanto …. (lupa) ternyata Dedi sudah termasuk kedalam list yang tidak akan dipertahankan PERSIB. Kosin kecil kemungkinan kembali ke PERSIB. Selain karena masih terikat kontrak dan baru stengah musim liga thailand-nya, opsi loan pun management masih tidak puas. Kembali terbuka peluang mendatangkan Kosin. khawatir terjadi kembali kejadian musim lalu.

Pemain Belakang : Nova Arianto, Maman Abdurahman, Wildansyah Dipertahankan

Rene sudah dipastikan akan dilepas. Pemain yang diincar : Abdul Rachman dari PERSITA.

Pemain Sayap : Gilang Angga (Alhamdulillah… sempat tidak muncul namanya), Atep Dipertahankan

Irwan Wijasmara kabarnya akan dilepas. Erick Setiawan… huh… sempet kaget dengernya, untung aja ternyata dia ke PERSIBA (alhamdulillah… fiuh…). Siswanto dikatakan sudah menjadi bagian keluarga PERSIB, tapi belum ada pengumuman resminya. Siswanto telah bergabung untuk berlatih bersama PERSIB, 10 Agustus 2010.

Pemain Tengah : Eka Ramdhani, Munadi, Hariono Dipertahankan

Kabarnya ada pemain rekomendasi Darko, yaitu Eugenio Klein. Gelandang Serang asal Argentina. Eugenio Klein akan dipulangkan ke agennya. GAGAL masalah mentalitas kata Darko, bukan masalah teknik. Suchao, kasusnya dan pertimbangannya sama seperti Kosin. Suchao berpeluang juga ke PERSIB, jika akhir agustus ini klub nya berniat melepas Suchao. Hanya saja karena terikat kontrak, PERSIB harus beli sisa kontrak Suchao.  Satoshi Otomo akan dilepas (ga puas saya liat permainan dia, bagusan Cucu Hidayat). Cucu Hidayat juga akan dilepas.

Pemain Depan : Airlangga Sucipto Dipertahankan

Gonzales sedang dalam pertimbangan tetap bersama PERSIB. Budi Sudarsono dan Hilthon Moreira akan dilepas. Rudi Geofani dari PERSIB U-21 diisukan akan dipromosikan ke squad PERSIB.

Nama-nama lainnya yang terisukan (dan saya tidak tahu posisinya dimana) :

  • Persib U-21 : Yan Harjito (bek), Rian Permana (bek), Anggi Indra Permana, Dias Angga Putra (pemain tengah), Rendi Saputra (pemain tengah), Muhammad Agung Pribadi (pemain tengah), Imam Arief Fadillah (kiper), Rudi Geofani (striker), Rian Permana (pemain tengah). 5 Agustus 2010, kabarnya ketujuh kedelapan pemain ini sedang diseleksi.
  • M. Ridwan (Pelita Jaya), Supardi (Pelita Jaya) GAGAL dua-duanya sudah ke Sriwijaya FC,
  • Tantan, teu apal kumaha perkembanganna.
  • Jejen Zainal Abidin (Persikabo), teu apal kumaha perkembanganna. Tanggal 10 kamari, Zainal Abidin telah bergabung untuk berlatih.
  • Zah Rahan GAGAL – dipertahankan Sriwijaya FC,
  • Nor Alam Syah,
  • Vagner Martins (Brasil) pemain rekomendasi dari Darko. geningan kabarnya pernah maen di Indonesia – Persema Manado dan Pelita Jaya. JUGA masuk dalam daftar pemain bermasalah di PSSI… waduw..,
  • 2 1 lagi nama pemain asing rekomendasi Darko,
  • 1 pemain korea (pernah baca beritanya, tapi lupa namanya) yaitu Park Jung Hwan (PSM),
  • Yudi Choirudin (Pro Duta). Lagi diseleksi.
  • Darko memantau eksebisi pertandingan pemain-pemain asia. Menurut kabar berita, Darko sudah mengantongi 1 nama besar.
  • Akan datang dalam 48 jam 1 pemain besar, lokal.
  • Untuk Pra musim di Singapura 16-20 Agustus 2010, Darko berharap ada tambahan pemain baru 2-4 pemain.
  • Pablo Frances akan diseleksi PERSIB. Pablo akan brangkat dari kampung halamannya 11 agustus 2010. GAGAL ??. Darko Say “No”, Pa  Umuh sedang memperjuangkannya.
  • Kata Darko, akan datang pemain asal Paraguay, Jardel. GAGAL. Dipulangkan.
  • Jajang (Persib Junior), 10 Agustus 2010 telah bergabung berlatih.
  • Devi Raditya (Persib U-21), 10 Agustus 2010 telah bergabung berlatih.
  • Datang lagi… Wallacer, dari Botafogo.

Ramai sekali pemberitaan mengenai “siapa pemain PERSIB musim ini”. Dari sekian banyak berita, akhirnya semalam 25 Agustus 2010 di Gedung Sate pada acara Buka Bareng, Darko mengumumkan nama-nama pemain yang akan membela PERSIB di ajang Indonesia Intercontinental Cup. Cukup seru juga beritanya, mengenai Abo dan Gilang, mengenai Vagner, mengenai menunggu pemain asia asal singapura. Berikut nama-nama tersebut :

Cecep Supriatna, Dedi Heryanto, Gilang Angga, Iman, Isnan Ali, Yudi Khoerudin, Abdul Rahman, M Sobran, Wildansyah, Siswanto, Jejen, Esteban Viscara, M Agung, Hariono, Munadi, Diaz Angga, Rendi Saputra, Airlangga, Rachmat Affandi, Chritian Gonzalez, dan Pablo Frances.

Catatan ini sengaja saya buat sebagai reminder akan seperti apa Squad PERSIB nantinya. Penasaran ini sebagian besar didasarkan atas terpilihnya Daniel Darko Janackovic sebagai Pelatih PERSIB. Pelatih baru, Pelatih asing, Pelatih yang belum berpengalam di Indonesia, Namun pelatih yang berpengalaman di EROPA, Anak didik Arsene Wenger (Pelatih Arsenal).

Catatan ini saya tulis dari berita-berita yang saya baca, pengumuman resmi squad PERSIB tentunya adalah yang diumumkan oleh management PERSIB. Insya Allah catatan ini akan saya Update terus sampai terbentuknya Squad PERSIB 2010-2011. Klo tidak salah ada waktu satu setengah bulan untuk Pelatih meracik tim dan mempersiapkannya.

edan…. rame pisan berita PERSIB dalam memperisapkan squad untuk musim 2010-2011. Dari bulak-balik seleksi pemain sampai pergantian pelatih.

 

Tos aya pengumuman resmi squad na… mangga ka dieu : Squad Persib 2010-2011

 

3-5-2 ?   3-4-3 ?   4-4-2 ?   4-4-3 ?   4-2-3-1?

Wassalam. ~Sima aing sima maung. Maung aing Maung Bandung~

*update : 5 Agustus 2010 08:42 WIB. 5 Agustus 2010 11:15 WIB. 5 Agustus 2010 17:09 WIB. 6 Agustus 2010 10:15 WIB. 9 Agustus 2010 10:20 WIB. 10 Agustus 2010 11:13 WIB. 11 Agustus 2010 06:59 WIB. 13 Agustus 2010 11:35 WIB. 26 Agustus 2010 12:10 WIB.