stelah staun lebih, hari ini gw berhasil bikin dspf. trahir gw bikin dspf ya pas training rpg. di project gw ga kbagian bikin dspf, slain karena front end nya java juga karena jatah bikin main menu dan config menu itu buat team leader gw.

apa sih dspf?
singkatnya, dspf itu object untuk tampilan (ui, user interface) di dunia rpg atau as/400. dspf kependekan dari display file.

dspf yang gw buat tujuannya untuk mempermudah pemanggilan tools yang gw buat. meski baru sbagian yg dah jadi, tapi ntarnya ada menu untuk update list pf/lf (add edit delete), start jurnaling pf, compile all rpg, compile all cl, compile all pf/lf/join/data structure, dll. tools ini tadinya terpisah-pisah. karena kmaren2 buatnya juga insidensial. pas butuh ya buat.

tuk buat member dspf ada 2 cara. cara ke-1 pake command crtdspf. cara ke-2 (cara ksukaan gw) copy paste dari member dspf yang ada trus edit.
selanjutnya berkreasi lah membuat tampilan se keren mungkin. sdikit saran untuk pemula kaya gw, jangan sering2 liat jam. karena mungkin akan sering bergumam: “Anjrit baru sgini dah … jam gw ngerjainnya”. trus hati2 dengan tombol del dan end. trus kuasai tombol -, =, f4, ? akan banyak2 membantu. trus design pake seu juga jangan diremehkan. sesekali seu lebih enak ktimbang design view.

dspf slesai, balik lagi ke rpg nya. tetep, mau ga mau harus ada code rpg nya. disini, code rpg berfungsi untuk ngatur alur ui kita. pinter2 aja pake indikator2 umum yang biasa dipake as400. kaya F3 exit dan F12 back/cancel. hati2 dengan loop. sysreq 3 (end job) mungkin akan sangat membantu.

ingat, sekeren-kerennya bikin ui di as/400 jangan terlalu berharap bisa seperti ui yang kbanyakan ditemui di non as/400. jauuuuuh bedaaaa.

sdikit gambaran, waktu prtama kali blajar bahasa c pernah disuruh bikin menu yang pake gotoxy salah satunya. nah persis mirip seperti itu. uinya juga ga jauh beda hasilnya.

bravo AS/400 !!!